In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow
Halaman

Informasi Pendataan Kependidikan BioSistem Online

Print

Dalam rangka pendataan berkelanjutan di bidang Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah mengembangkan aplikasi BioSistem Online serta BioSistem Offline. Diharapkan aplikasi tersebut dapat menjadi jembatan antara pengolah data dan pengguna informasi sehingga dapat menjadi acuan untuk pengambilan keputusan atau penentuan kebijakan khususnya yang berkaitan langsung dengan dunia kependidikan.

Pengembangan dan pembangunan BioSistem dilaksanakan secara bertahap, dimana dalam setiap tahapan selalu dilakukan penjaringan kebutuhan (needs assessment), perencanaan dan pengorganisasian (planning and organizing) sebelum akhirnya dapat diterapkan (actuating) dan dikendalikan (controlling).

Perjalanan pendataan dengan menggunakan BioSistem sangat tergantung dari partisipasi aktif dan dukungan segenap sumber daya yang ada, baik itu sumber daya manusia, infrastruktur hingga kebijakan. Pengelolaan BioSistem semenjak awal dilaksanakan bersama unsur pendataan di semua lini, terutama unsur sekolah dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten, hingga unsur pendataan terkait yang ada di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional.

Tahap awal dilaksanakan pada tahun 2008 dengan kegiatan utama pendataan siswa tingkat akhir. Sebagai entry point, hasil pendataan tahun 2008 tersebut telah digunakan untuk basis data Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).

Tahap berikutnya (tahun 2009), atau tahap kedua, dilakukan pendataan peserta didik mulai dari kelas I jenjang SD dan sederajat hingga kelas XIII SMK atau XII SMA dan sederajat. Pada tahapan ini pula BioSistem diberi nilai tambah berupa teknologi Pemindaian (Scanning) Online.

Pada tahap ketiga (tahun 2010) dilakukan perkuatan infrastruktur dengan penambahan kapasitas server untuk mendukung rencana integralisasi dan sinkronisasi dengan database eksternal. Disamping itu juga akan diujicobakan pengolahan ATM (Angka Transisi Murni) di akhir tahap ketiga ini. Salah satu maksud dan tujuan dari pengolahan dan penerbitan ATM adalah untuk mengetahui mobilitas siswa dari satu wilayah ke wilayah lain yang akan berdampak langsung terhadap hasil pengukuran capaian proses pendidikan di wilayah tersebut.

Perlu diketahui bahwa kandungan data BioSistem Online bersifat dinamis. Data yang disajikan tidak bersifat statis dan akan disesuaikan dengan dinamika yang ada di lapangan. Adapun beberapa hasil olahan data tersaji dalam link-link berikut:

  1. Rekapitulasi Data Kependidikan
  2. Rekapitulasi Data UN/UASBN
  3. Direktori Sekolah dan Direktori Peserta UN/UASBN

Mulai bulan Oktober 2010, BioSistem Online akan diperbarui konten datanya. Seiring dengan perbaruan konten data, telah diterbitkan BioSistem Offline versi 4.1. Untuk mengunduh BioSistem Offline versi 4.1, silakan klik disini. Sedangkan untuk mendapatkan username dan password BioSistem Online silakan menghubungi petugas/administrator pendataan di Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat.

Informasi terkini mengenai proses pendataan dan interaksi antar pengelola pendataan di semua lini, dapat dilakukan melalui forum.pdkjateng.go.id atau dengan klik disini.

Semoga BioSistem Online dapat terus dikembangkan serta dapat disesuaikan dengan tuntutan penyediaan data dan informasi.

Joomlart

Portal Nasional