In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow
Halaman

Bantuan Khusus Murid (BKM) 2007

Print

 Kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2005-2009 dititikberatkan pada (1) pemerataan dan penyebar luasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu, relevansi, dan saya saing, (3) penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.

Kondisi sampai akhir tahun pelajaran 2005/2006, perbandingan jumlah SMK : SMA adalah 35 : 65. Sesuai dengan Road Map Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), pada tahun pelajaran 2009/2010 perbandingan jumlah sisa SMK : SMA mencapai 50 : 50. Untuk merealisasikan target dimaksud, upaya Direktorat PSMK adalah memperbesar peluang lulusan SMP untuk masuk ke SMK serta mengurangi siswa SMK yang putus sekolah.

 

Untuk mewujudkan program tersebut salah satu program Direktorat Pembinaan SMK adalah memberikan Bantuan Khusus Murid (BKM) kepada siswa SMK dari keluarga yang kurang mampu.

 
 

Tujuan dari BKM adalah:
1. Mengurangi jumlah siswa SMK yang drop out akibat permasalahan biaya pendidikan.
2. Membuka peluang bagi lulusan SMP yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke SMK

 
 

Sasaran Nasional Bantuan Khusus Murid (BKM) sebanyak 275.000 siswa SMK Tingkat I tahun pelajaran 2007/2008. Sedang sasaran per provinsi disesuaikan dengan alokasi pada Kegiatan Perencanaan Peningkatan Mutu dan Evaluasi SMK tahun 2007 pada Dinas Pendidikan Provinsi.

 
 

Hasil yang diharapkan dari BKM adalah :
1. Jumlah pendaftar Penerimaan Siswa Baru (PSB) ke SMK tahun pelajaran 2007/2008 meningkat
2.  Prosentasi siswa SMK Tingkat I tahun pelajaran 2007/2008 yang putus sekolah menurun.

 
 

Nilai BKM adalah Rp. 780.000,00 (Tujuh Ratus Delapan Puluh Ribu Rupiah) per siswa per 12 bulan.

 
 

Karakteristik BKM:
1. Dana BKM merupakan subsidi yang diberikan khusus untuk siswa SMK Tingkat I yang diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu;
2. Dana BKM dialokasikan di Dinas Pendidikan Provinsi sebagai dana Dekonsentrasi dan akan disalurkan ke siswa SMK melalui Rekening Sekolah;
3. Dana BKM harus diberikan secara utuh tidak diperkenankan melakukan pemotongan dengan alasan apapun dan oleh pihak manapun.

Joomlart

Portal Nasional