Disdikbud Jateng Luncurkan Platform SIPASTI Sebagai Pengelolaan Aset Terintegrasi dan Transparan

Semarang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah telah resmi meluncurkan platform inovatif bernama (SIPASTI) Sistem Pengelolaan Aset Terintegrasi di Aula Gedung B Disdikbud Jateng, Selasa (3/10/2023). Platform tersebut bertujuan untuk memperbarui dan meningkatkan meningkatkan pengelolaan aset-aset yang dikelola langsung oleh Disdikbud Jateng sehingga dapat lebih terintegrasi, terdigitalisasi, dan transparan pengelolaannya. SIPASTI juga diharapkan akan menjadi alat yang efisien dan efektif dalam mengelola berbagai informasi terkait. Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum dan Kepegawaian Disdikbud Jateng, Lilik Rachmawati SE, M.Si mengatakan, “Peserta Diklat PKP harus bisa menghasilkan terobosan untuk meningkatkan pelayanan”. Platform itu diinisiasi oleh dirinya sebagai penunjang program Disdikbud Jateng. Serta sebagai tugas akhir Pendidikan Pelatihan (Diklat) Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan VIII tahun 2023 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jateng sejak 14 Juni dan berakhir 14 Oktober besok.

 

Lilik yang menjabat di bagian umum dan kepegawaian sejak setahun lalu, menyadari banyaknya aset Disdikbud yang belum terdigitalisasi menjadi isu utama yang perlu diatasi. Kurangnya keterlibatan teknologi dalam pengelolaan aset ini mengakibatkan hambatan dalam mengakses informasi secara cepat dan efisien oleh calon penyewa. Setelah peluncuran platform SIPASTI Lilik memaparkan, “Untuk menunjang pengelolaan aset Disdikbud Jateng di era 4.0 ini, kita perlu meluncurkan platform SIPASTI ini. Ini juga untuk membantu calon penyewa yang kesulitan mendapatkan informasi dan harga aset yang disewakan oleh kami. Harapannya setelah ada platform ini transparansi harga dan proses sewa lebih baik. Serta meningkatkan efektivitas pengelolaan aset dan PAD,” Selasa (3/10/23). Ia juga menambahkan, selama ini promosi masih mengandalkan brosur dan informasi dari mulut ke mulut, tanpa disertai transparansi harga sesuai dengan Pergub Nomor 16 Tahun 2022 tentang Tarif Retribusi Daerah Provinsi Jawa Tengah. Karena tanpa transparansi yang jelas, proses sewa dapat menjadi kurang efisien dan menurunkan minat penyewa.

Sementara itu, Plh Kepala Disdikbud Jateng Syamsudin Isnaini S.STP, SH, M.H. menuturkan, “Dengan adanya Platform Sipasti dapat mewujudkan pengelolaan aset lebih efisien, transparan, dan terintegrasi. Calon penyewa mendapatkan informasi aset yang disewakan secara realtime, berupa tampilan, ketersediaan, dan harga beserta layanan pemesanannya,” katanya di sela peluncuran oleh Sekretaris Disdikbud Jateng Samsudin Isnaini. Terutama aset yang dikelola oleh Disdikbud Jateng di Semarang seperti, D’Brotojoyo (Ex Wisma BP Dikjur) di Jalan Brotojoyo Semarang, D’Elang (Ex Wisma BP Diksus) di Jalan Elang Raya No.2 Mangunharjo Tembalang, dan Museum Ranggawarsita di Jalan Abdul Rahman Saleh Semarang. Kemudian aset di Solo, Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) di Jalan Ir. Sutami Surakarta, Cabang Dinas III di Jalan P.Sudirman Pati, Cabang Dinas VII di Jalan Slamet Riyadi Surakarta, Cabang Dinas VIII di Jalan P. Diponegoro Magelang.

Peluncuran resmi SIPASTI ini disambut dengan antusiasme oleh para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Dengan adanya platform ini, diharapkan akan semakin berkembang dan memberikan manfaat positif bagi seluruh masyarakat. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan SIPASTI agar bisa menjadi alat yang lebih efektif dalam mendukung sektor pendidikan dan kebudayaan di masa depan.

Loading

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments