SMAHA Goes to Apple Distinguished School

SEMARANG – Menjadi sekolah unggulan di era digital menuntut penggunaan teknologi inovatif untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Salah satu langkah penting dalam hal ini adalah menjadi Apple Distinguished School (ADS) sebuah pengakuan yang menandai komitmen sekolah terhadap integrasi teknologi Apple dalam proses pendidikan. SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) sebagai salah satu sekolah unggulan di Jawa Tengah siap untuk mendapatkan predikat Apple Distinguished School di tahun 2024 ini.

Menjawab pertanyaan, mengapa SMAHA tertarik untuk menjadi ADS, Etik Ningsih, S.Pd. menyampaikan bahwa program ADS merupakan inisiatif Apple yang memberikan penghargaan kepada sekolah unggulan karena mengintegrasikan teknologi Apple, menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, dan memberikan dampak positif bagi siswa dan lingkungan belajar. “Hal ini tentu selaras dengan visi sekolah yang berkomitmen untuk membekali keterampilan teknologi kepada para siswa sehingga mereka bisa berkreasi, berinovasi, dan berprestasi sesuai dengan potensinya masing-masing,” tambahnya.

Terdapat empat kriteria yang harus dipenuhi sekolah untuk mendapat predikat ADS, antara lain: Inovatif, Integratif, berdampak positif, dan berkomitmen dalam pengembangan profesional. Dengan demikian sekolah harus memiliki inovasi dalam pendekatan belajar mengajar menggunakan produk Apple. Integrasi produk Apple harus terjadi dengan baik dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari di sekolah. Selain itu juga harus dapat membuktikan dampak positifnya terhadap hasil belajar dan perkembangan siswa, serta sekolah harus menunjukkan komitmen terhadap pengembangan profesional guru yang menggunakan teknologi Apple.

Guru dan siswa SMAHA menuturkan bahwa banyak sekali pengalaman dan hasil positif setelah menggunakan teknologi dalam pembelajaran dan kegiatan lain di sekolah. Puji Iman Nur Suhud, M.Pd, (guru Fisika) mengungkapkan bahwa integrasi teknologi Apple memungkinkan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan memotivasi siswa untuk lebih aktif. Siswa terlibat dalam pembelajaran lebih dinamis karena aplikasi yang terdapat pada iPad memungkinkan mereka untuk berpartisipasi aktif dalam pembentukan pengetahuan.

Taufik Nur Hidayat, sebagai Waka Kurikulum juga menambahkan, “ADS membantu siswa mengembangkan keterampilan digital yang kritis untuk menghadapi tantangan era teknologi. Program “Everyone Can Code” dan “Everyone Can Create” mampu merangsang pemikiran kreatif dan pemecahan masalah.”

Produk Apple memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru. Proyek kolaboratif menggunakan perangkat Apple meningkatkan keterlibatan siswa dan keterampilan sosial. Integrasi teknologi Apple memberi guru alat yang efisien untuk merancang kurikulum, memberikan umpan balik, dan melacak kemajuan siswa, meningkatkan produktivitas, dan efektivitas pengajaran. ADS menjadi bagian dari komunitas global sekolah-sekolah yang berpikiran sama. Hal ini memungkinkan berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif dalam penggunaan teknologi.
“Aku paling suka pakai aplikasi ProCreate, bikin desain jadi ok banget. Semoga SMAHA terpilih jadi Apple Distinguished School. Aku jadi makin bangga karena sekolahku dapat award bergengsi dari Apple, amin,” tutur Aulia Khairunnisa, siswa yang jago desain dari kelas XI-3.

Penulis: Nunung Kusumawati, M.S. Guru SMA Islam Hidayatullah

Loading

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments