Lomba Video atau Vlog Cagar Budaya Siswa SMA/SMK sederajat di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III dan VIII dengan Tema ”Membangun Generasi Melek Budaya”

SEMARANG – Senin (4/2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melakukan pengarusutamaan pendidikan guna mendukung ekosistem pendidikan berkebudayaan, dengan menyelenggarakan kegiatan Gelar Budaya yang diawali Lomba Video atau Vlog Cagar Budaya bagi peserta didik SMA/SMK sederajat yang berada di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III dan VIII. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan mandat UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,

Lomba kali ini bertema “Membangun Generasi Melek Budaya Melalui Objek Cagar Budaya”. Manfaat yang diharapkan dengan adanya kegiatan perlombaan ini adalah meningkatnya daya kenal generasi muda terhadap keberagaman dan nilai yang terkandung dalam Cagar Budaya Daerah serta menumbuhkan rasa memiliki dan kesadaran bagi generasi muda sebagai bagian dari masyarakat pengampu kebudayaan terhadap pelestarian Cagar Budaya.

Kegiatan didesain dalam 2 (dua) Lokus yang terdapat Situs dan Kawasan Cagar Budaya Peringkat Provinsi dan Nasional, yakni:
a. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III meliputi sekolah SMA/SMK sederajat di Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang;
b. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII meliputi sekolah SMA/SMK sederajat di Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Purworejo.

Perlombaan kali ini digelar dengan sasaran peserta didik SMA/SMK sederajat di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III dan VIII, dengan pembatasan kuota peserta lomba setiap Cabang Dinas sebanyak 100 peserta. Sedangkan objek perlombaan adalah Cagar Budaya atau Objek Diduga Cagar Budaya di masing-masing wilayah Cabang Dinas Pendidikan. Mekanisme, kriteria, syarat dan waktu pelaksanaan lomba dapat didownload dalam juknis terlampir.

 

Juknis Lomba Video atau Vlog Cagar Budaya

DOWNLOAD DISINI

Loading

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments