Kelas Industri ‘Crocodic’ SMKN 2 Semarang

SEMARANG – Langkah awal peserta didik SMK Negeri 2 Semarang agar lebih fokus dalam pembelajaran konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yakni melakukan sinkronisasi kurikulum dan MOU dengan PT. Taman Media Indonesia, membangun kelas industri. PT. Taman Media Indonesia yang dikenal dengan nama ‘crocodic’ adalah perusahan pengembangan aplikasi berlokasi di Menara Rajawali, Level 7-1 Jl. Dr. Ide Anak Agung Gede Agung Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950 dan mempunyai cabang di Semarang. Pelaksanaan kelas industri juga memperoleh dukungan dari pemerintah. Dibentuknya program kelas industri merupakan antisipasi dari kekhawatiran atas banyaknya lulusan SMK menganggur, tidak sesuai dengan tujuan pendidikan vokasi yang ingin membentuk lulusan siap kerja. Di tengah persaingan kerja yang semakin kompetitif dan sulit diprediksi, SMK harus melakukan sesuatu untuk mendorong lulusannya agar mampu berkompetisi. Jika ingin memenangkan persaingan global, SMK membutuhkan lulusan yang unggul, terampil, berkarakter, dan inovatif.

Selain untuk membekali siswa SMK dengan keterampilan agar memenuhi tuntutan dunia usaha atau dunia industri (DU/DI), kelas industri juga merupakan antisipasi kebutuhan revolusi teknologi 4.0 yang secara fundamental bisa merubah pola hidup, komunikasi dan tata kerja. Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dengan sistem work-based competence alias mengacu pada kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja diharapkan bisa menjawab dua tantangan besar tersebut. Work-based competence sendiri merupakan kompetensi yang memadukan teori dan praktik berdasarkan kondisi nyata di dunia industri atau dunia kerja. Karena pendidikan SMK dan DU/DI perlu menjalin hubungan harmonis dalam rangka memberikan pembelajaran relevan yang bisa meningkatkan kompetensi peserta didik agar tidak ada celah kesenjangan antara SMK dan dunia industri. Kelas industri berperan menjembatani kebutuhan DU/DI yang sesuai dengan harapan SMK. Pasalnya dalam penyelenggaraannya, sekolah dan industri akan menyinkronisasikan kurikulum pendidikan formal dan kurikulum industri agar memiliki tujuan yang sama. Dengan adanya kelas industri ‘crocodic’ diharapkan peserta didik tahu apa yang harus dikerjakan di dunia industri. Pertama, pembuatan Mobile Aplikasi yang dibangun dengan menggunakan Aplikasi vs Code dan Aplikasi Android. Kedua, pembuatan Aplikasi Web yang meliputi Web Front End and Web Back End.

 

Penulis         : Mega Nanda Kurniawan, S.Kom., Guru SMKN 2 Semarang

Editor           : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

Loading

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments